Kamis, 22 Januari 2015

Hakekat Manusia dan Kemanusian

Manusia adakah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna di mata Tuhan, namun pada akhirnya banyak pandangan-pandangan dan pendapat-pendapat tentang manusia.

  • Ahli logika (ilmu mantik) mengatakan bahwa manusia adalah hewan yang berifikir karena manusia adalah hewan rasional.
  • Ahli sosiolog mengatakan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam kehidupan sehari-hari, pendapat ini paling banyak diterima oleh publik karena tidak ada manusia yang dapat hidup sendiri di dunia ini.
  • Komunis mengatakan bahwa manusia adalah makhluk biologis yang hidup dalam materi-materi. Manusia menurut pandangan komunis adalah materi hal yang terpenting dalam kehidupan manusia, maka ada istilah untuk orang komunis asal perut kenyang semua diperbolehkan., sehingga mereka menganggap Tuhan itu tidak ada karena tidak nyata atau transenden, orang-orang komunis hanya percaya terhadap sesuatu yang nyata atau terlihat oleh mata.
  • Negara barat mengatakan bahwa manusia adalah makhluk individu, yang artinya manusia punya hak untuk mengatur diri nya sendiri tanpa orang lain ikut campur. Pendapat di atas melahirkan sebuah gerakann leiberalisme dan dari gerakan tersebut muncul hak asasi yang di kenal dengan HAM (Hak Asasi Manusia).
  • Ahli ekonomi melihat manusia sebagai makhluk ekonomi yang berarti yang berarti manusia dilahirkan untuk bekerja dan berproduksi.
  • Filsafat mengatakan :  manusia adalah homofeber, manusia yang bekerja (Prof. Alex Lanur), manusia adalah homoludance, manusia adalah homosapien, manusia purba modern yang memiliki tubuh, yang sama dengan manusia sekarang, manusia adalah animal rasional, manusia adalah hewan yang berifikir, manusia adalah makhluk symbolis, manusia adalah makhluk yang menggunkan simbol-simbol dalam kehidupan sehari-hari nya.
  • Agama mengatakaan manusia adalah makhluk Intelek, manusia adalah makhluk yang cerdas yang memiliki akal dan budi, manusia adalah makhluk biologis, manusia adalah makhluk yang membutuhkan hal-hal bersifat manusiawi, manusia adalah makhluk sosial, manusia adalah makhluk yang membutuhkan pendamping untuk hidup membutuhkan seorang partner hidup, manusia adalah makhluk spiritualis, manusia adalah makhluk yang rohani yang membutuhkan Tuhan dalam menjalankan hidup, manusia adalah makhluk pemimpin / penakluk bumi, artinya manusia adalah pemimpin yang di tugas kan untuk oleh Tuhan yang Maha Esa mengelola seluruh sember daya yang ada dibumi.

0 komentar:

Posting Komentar

My Blog List

Benner Friends












































Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Follow

Pencarian

Chat book