Sabtu, 11 Mei 2013

Politik dan Strategi Nasional

Pengertian Politik dan Strategi Nasional

Kata politik secara etimologis berasal dari bahasa Yunani Politeia, yang akar katanya adalah polis, berarti kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri, yaitu negara dengan teia berarti urusan. Dalam bahasa Indonesia, politik dalam arti politics mempunyai makna kepentingan umum warga negara suatu bangsa.
Strategi berasal dari bahasa Yunani yaitu Strategia yang diartikan sebagai "The Art of the General" atau seni soerang panglima yang digunakan dalam berperang. Dalam pengertian umum strategi adalah cara untuk medapatkan kemenangan atau pencapaian tujuan. Dengan demikian strategi tidak hanya  menjadi monopoli para jendral atau bidang militer, melainkan meluas ke segala bidang kehidupan.
Politik dan Strategi Nasional, Politik diartikan sebgaia kebijakan umum dan pengambikan kebijakan untuk mencapai cita-cita nasional. Jadi definisi dari politik nasional adalah asas, haluan serta usaha kebijakan negara tentang pembinaan serta penggunaan kekuatan nasional untuk mencapai tujuan nasional. Sedangkan strategi nasional adalah cara untuk melaksanakan politik nasional dalam mencapai sasaran dan tujuan yang ditetapkan oleh politik nasional.


Dasar Pemikiran Penyusunan Politik dan Strategi Nasional

Penyusunan dari dasar-dasar pemikiran politik dan strategi nasional ini di landaskan pada pemikiran yang terkandung dalam sistem manajemen nasional yang berlandaskan pada ideologi pada Pancasila, UUD 1945, Wawasan Nusantara, dan Ketahanan Nasional.


Peyusunan Politik dan Strategi Nasional

Selama ini poltik dan strategi nasional disusun berdasarkan UUD 1945. Sejak tahun 1985 telah berkembang pendapat bahwa jajaran pemerintahan dan lembaga-lembaga yang tersebut dalam UDD 1945 merupakan suprastrtuktur politik. Sedangakan MPR, DPR, Presiden, DPA, BPK, MA itu semua termasuk dalam infrastruktur politik.
Mekanisme penyusunan politik dan strategi nasional di tingkat suprastruktut politik diatur oleh presiden/mandataris MPR. Sedangkan proses penyusunan politik dan strategi nasional di tingkat suprastrktur politik dilakukan setelah presiden menerima GBHN.


Stratifikasi Politik Nasional

Stratifikasi politik nasional dalam NKRI adalah sebagai berikut:
  • Tingkat penentuan kebijakan puncak 
Tingkat kebijakan puncak meliputi kebijakan tertinggi yang menyeluruh secara nasional dan mencakup permasalah tentang  penentuan tentang Undang-Undang Dasar, penggarisan masalah politik bangsa dan negara untuk merumuskan idaman berdasarkan pancasila UDD 1945. 
  • Tingkat kebijakan umum
Tingkat kebijakan umum merupakan tingkat kebijakan di bawah tingkat kebijakan puncak yang ruang lingkup nya juga menyeluruh nasional.
  • Tingkat penetuan kebijakan khusus
Kebijakan khusus merupakan inti dari sebuah bidang utama pemerintahan.
  • Tingkat penentuan kebijakan teknis
Inti dari sebuah penjelasan mengenai bidang utama pemerintahan dan dalam bentuk prosedur serta teknik untuk mengimplementasikan rencana, program, dan kegiatan.
  • Dua macam kekuasaan dalam pembuatan aturan di daerah
Wewenang penentuan pelaksanaan kebijakan, pemerintah di daerah pusat terletak di tangan seorang gubernur dalam kedudukan nya sebagai wakil pemerintah pusat di daerah yuridikasi masing-masing.
Kepala daerah mempunyai wewenang untuk mengeluarkan kebijakan pemerintah daerah dengan persetujuan DPRD.


Politik Pembangunan Nasional dan Manajemen Nasional

Pembangunan nasional merupakan usaha peningkatan kualitas manusia dan amsyarakat Indonesia secara berlekelanjutan dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memperhatikan tantangan perkembangan global. Pelaksanaan nya mengacu pada  kepribadian bangsa dan nilai luhur yang universal untuk mewujudkan kehidupan bangsa yang berdaulat, mandiri, keadilan, sejahtera, maju, serta kukuh kekuatan moral dan etikanya 
Manajemen nasional pada dasarnya merupakan sebuah sistem, sehingga lebih tepat jika kita menggunakan istilah sistem manajemen nasional. Pada dasarnya sistem manajemen nasional merupakan perpaduan antara tata nilai, struktur, dan proses utuk mencapai kehematan, daya guna, dan hasil guna sebesar mungkin dalam menggunakan sumber dana dan daya nasional demi mencapai tujuan nasional.


Otonomi Daerah

Pada dasarnya pelaksanaan otonomi daerah adalah untuk meningkatn dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan pembangunan sesuai dengan kehendak dan kepentingan masyarakat.
Tujuan dari otonomi daerah menurut Mardiasmo adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada publik dan memajukan perekonomian daerah pada dasarnya terkandung tiga misi utama pelaksanaan otonomi daerah dan desentralisasi fiskal yaitu:
  1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat.
  2. Menciptakan efesiensi dan efektivitas pengelolaan sumber daya daerah.
  3. Memberdayakan dan menciptakan ruang bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses pembangunan.
http://www.sarjanaku.com/2012/12/pengertian-otonomi-daerah-makalah.html

Implementasi Polstranas

Sejak proklamasi pada 17 Agustus 1945 dikumandangkan telah menetapkan tujuan nasional dari perjuangan  untuk mengisi kemerdekaan nyayaitu tertuang dalam jiwa dan semangat dari pembukaan UDD 1945 
Masyarakat adil dan makmur berdasarkan apncasila dalam wadah Negara kesatuan Republik Indonesia dan dalam lingkungan suasana persahabatan dan perdamaian dunia.
Sejarah menunjukkan bahwa usaha dan kegiatan untuk merealisasikan tujuan nasional yang merupakan perngejawantahan dari seluruh rakyat dan bangsa Indonesia tersebut kurang mencapai hasil karena adanya usaha-usaha yang hendak menyelewengkan perjuangan rakyat dan bangsa Indonesia. Penyelewengan-penyelewengan dalam sejarah ketatanegaraan Indonesia mencapai puncaknya dengan pecahnya pemberontakan G 30 S/PKI. Penyelewengan ini tidak saja meliputi bidang administrasi, ekonomi, politik, sosial-budaya, hankam, kan tetapi telah lebih jauh daripada itu ialah meyelewengkan falsafah Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Keadaan yang demikian itu menimbulkan reaksi yang spontan dari kekuatan pendukung Pancasila nyang menghendaki dihentikannya penyelewengan-penyelewengan tersebut serta diluruskannya kembali arah perjuangan rakyat dan bangsa Indonesia menuju kepada tujuan nasional yang telah ditetapkan.


Keberhasilan Polstranas

Dari pembehasan keberhasilan polstranas ini dapat dilihat bahwa apa yang dikerjakan dan apa yang telah diterapakan dari dulu hingga saat ini ada bagian dimana politik dan strategi nasional ini mengalami kesuksesan dan mengalami beberapa kegagalan.
Keberhasilan yang pernah dicapai di antara nya adalah sukses menangkap beberapa teroris yang telah menjadi dalang dibalik aksi teror di tanah air, lalu sukses nya pihak KPK dalam menyapu dan mengatasi benang kusut korupsi yang merajai kegiatan politik di negara ini.
Kegagalan yang dialami adalah tidak bisa mempertahankan Timor-Timor yang berhasil melepaskan diri dari NKRI.
Dari hasil-hasil yang pernah di capai ini dapat dilihat bahwa masih banyak kekurangan yang terjadi dalan polstranas ini sehingga perlu adanya perbaikan yang dilakukan agar politik strategi nasional ini berjalan lebih baik.

2 komentar:

My Blog List

Benner Friends












































Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Follow

Pencarian

Chat book